Minggu, 20 April 2014

Energi Surya Sebagai Energi yang Paling Berperan Untuk Manusia


Solar Water Heater

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Ditinjau dari perspektif fisika setiap system mengandung sejumlah energi. Banyak sekali macam-macam-macam energy salah satunya adalah energy surya atau energi matahari.

Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas yang dipancarkan oleh matahari dalam bentuk elektromagnetik. Energi matahari telah dimanfaatkan di banyak belahan dunia dan jika diekspoitasi dengan tepat, energy ini berpotensi menyediakan kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dalam waktu yang lebih lama.

Energi matahari ini merupakan energi yang sangat besar karena tidak akan ada habisnya hingga akhir kehidupan nanti. Matahari akan selalu ada hingga akhir kehidupan dan energi matahari nantinya akan menjadi sumber energi yang paling terakhir yang akan digunakan oleh manusia.
Semua kehidupan di dunia ini bergantung pada energi surya, tanpa energi surya tidak akan ada kehidupan sama sekali. Bahkan bentuk kehidupan paling rendah seperti plankton dan mikroba perlu tenaga surya dalam bentuk sinar matahari untuk bertahan hidup. Pemanfaatan secara langsung dari tenaga surya ini sudah dilakukan sejak jaman prasejarah. Panas matahari dimanfaatkan untuk pengeringan hasil panen seperti padi, gandum, jagung dan kacang-kacangan, mengeringkan kulit binatang untuk pakaian dan lain-lain.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan energy dari matahari. Tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi energy kimia dengan proses fotosintesis. Bagaimanapun, istilah “tenaga surya” mempunyai arti mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energy listrik untuk kegunaan kita. Ada dua tipe dasar tenaga matahari, yaitu sinar matahari dan photovoltaic. Photovoltaic adalah tenaga matahari yang melibatkan pembangkit listrik dari cahaya.

Sebagai sumber listrik matahari bisa dikonversi secara langsung dengan komponen solarcell yang merupakan komponen dari photovoltaic. Solarcell bekerja mengkonversi cahaya matahari yang menyinari permukaannya dan mengubahnya menjadi tegangan listrik. Dibutuhkan panel solarcell yang cukup banyak untuk menghasilkan energy listrik yang besar.  Energy listrik dari solarcell ini tidak bisa langsung digunakan , tegangan listrik dari solarcell disimpan dulu di baterai dan kemudian dikonversi menjadi arus bolak-balik (AC).

Pengumpulan panas matahari di atap rumah dapat menyediakan air panas. System panas matahari berdasarkan prinsip sederhana yang telah dikenal selama berabad-abad, yaitu matahari memanaskan air yang mengisi bejana gelap. Teknologi tenaga panas matahari yang ada di pasar saat ini sangat efisien dan bisa diandalkan, salah satunya dalah pemanas ait tenaga matahari atau solar water heater (swh) yang digunakan untuk memanaskan air dengan memanfaatkan tenaga sinar matahari. Komponen utama dari pemanas air tenaga matahari terdiri atas kolektor penyerap panas dan tangki penyimpanan.
Selain sebagai pemanas, tenaga matahari juga dapat digunakan sebagai pendingin. Mungkin kedengarannya aneh mendinginkan ruangan dengan sumber panas itu sendiri. Namun, dengan teknologi system solar thermal cooling hal ini sangat mungkin dilakukan. Pada proses ini, input energi panas matahari pada generator menggantikan input energi listrik pada kompresor. Penyerapan panas terjadi pada evaporator, sama dengan sistem konvensional dan pembuangan panas terjadi pada absorber dan kondenser. Dengan menggunakan sistem ini, energi listrik yang mahal dapat digantikan oleh panas matahari menggunakan proses kompresi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates