Minggu, 20 April 2014

BIOTEKNOLOGI di daerah Bantul

Pemanfaatan limbah yang ditimbulkan dari peternak sapi dengan menjadikan biogas dan pupuk kandang merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian warga. Terdapat Kelompok tani ternak di Sidomulyo yang aktif dan memiliki kandang serta ternak sapi banyak. Kotoran sapi dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas dan pupuk kandang.Pelatihan ini di upayakan untuk mengurangi limbah dan bau dari kotoran sapi.
 Usaha ini bertujuian untuk peningkatan kemampuan untuk mengembangkan usaha tani ternak dan meningkatkan hasil produksi dan variasi produk yang diperoleh.

Saat ini tim peneliti sedang melakukan pendampingan berkaitan dengan pembuatan instalasi biogas dari limbah kotoran sapi di Kabupaten Bantul. Melihat latar belakang tim peneliti maka prospek keberhasilan dan keberlanjutan penelitian ini sangat besar. Tim peneliti sangat yakin bahwa kesuksesan penelitian ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi pengembangan teknologi biogas terutama dalam hal kontribusi akan solusi pencemaran lingkungan dan kelangkaan energi. Teknologi biogas menjadi metode yang efektif dalam mengolah limbah organik yang berpotensi mencemari air dan tanah serta emisi gas metana yang berpotensi menyebabkan global warming (pemanasan global). Selain itu, teknologi ini mampu menghasilkan energi terbarukan dalam bentuk biogas yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti sumber energi saat ini yang berbasis minyak bumi dengan harga yang relatif murah. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk dilakukan guna mewujudkan manfaat-manfaat tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates