Jumat, 24 Januari 2014

Manusia & Tanggung Jawab

A. Tanggung Jawab
Tanggung jawab merupakan suatu perbuatan yang dilakukan sebagai perwujudan akan kewajibannya. Tanggung jawab bersifat kodrati, yang berarti sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia dan setiap orang mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Ada beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
4. Tanggung jawab terhadap bangsa/negara
5. Tanggung jawab terhadap Tuhan


B. Pengabdian
Pengabdian pada hakekatnya adalah bagian dari rasa tanggung jawab. Pengabdian merupakan suatu perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas. Ada tiga macam pengabdian,yaitu pengabdian kepada agama/Tuhan, pengabdian kepada bangsa/negara, dan pengabdian kepada masyarakat.


C. Pengorbanan
Pengorbanan merupakan suatu pemberian sebagai wujud untuk menyatakan kebaktian secara tulus dan ikhlas didasarkan atas kesadaran moral tanpa rasa pamrih. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Setiap orang yang mengabdi akan melakukan pengorbanan. Pengabdian selalu menuntut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian. Berikut ini adalah macam-macam pengorbanan.
· Pengorbanan kepada keluarga
· Pengorbanan kepada masyarakat
· Pengorbanan kepada bangsa dan negara


Kesimpulan


Manusia dituntut untuk dapat bertanggung jawab terhadap dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa/negara, dan Tuhan. Tanggung jawab bersifat kodrati, yang berarti sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing yang harus dilaksanakan dengan baik. Dalam bertanggung jawab, kita pasti akan melakukan pengabdian dan pengorbanan.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates