Minggu, 20 Oktober 2013

Manusia dan Kebudayaan

Manusia menurut bahasa Sanskerta mengartikan berakal budi. Manusia terdiri dari jasad , hayat , ruh dan nafs. Contoh kebudayaan di masyarakat Timur adalah kental dengan adat istiadat,menjunjung nilai dan norma yang berlaku,tingginya toleransi,membiasakan ramah dan menjunjung sopan santun serta membuka diri terhadap budaya lain atau budaya luar.
Budaya berasal dari suatu gagasan manusia. Sifat dari kebudayaan adalah :
  1. Etnosentris : pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri
  2. Universal : umum
  3. Akulturasi : saling bertemu dan mempengaruhi (budaya).
  4. Adaptif : disesuaikan.
  5. Dinamis : berkembang mengikuti zaman. 
  6. Integratif : membentuk kesatuan.
Wujud dari suatu kebudayaan tersebut berupa Gagasan , Aktivitas atau Tindakan dan juga Karya dari manusia.

Manusia dan Kebudayaan adalah dwi tunggal dalam SOSIOLOGI , dimana dalam kata ini berarti manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang saling berpengaruh dan tak dapat dipisahkan. Kebudayaan akan terus berkembang seiring dengan majunya jaman karena kebudayaan akan terhenti jika sudah tidak ada mannusia lagi di dunia ini.

Manusia memiliki hubungan konkret dengan kebudayaan berdasarkan  :
  • Perilaku manusia dan Tingkah Lakunya
  • Kebudayaan mencakup aturan yang memberi kewajiban untuk mengatur kehidupan manusia
Agama bukanlah kebudayaan karena budaya dibuat oleh manusia sedangkan agama diciptakan oleh Tuhan. Agama tidak dapat mengganggu berjalannya budaya karena kebudayaan berada dalam cakupan yang luas.


5 masalah dasar orientasi nilai budaya manusia, yaitu: 
Hakekat hidup
Hidup adalah pasrah kepada nasib yang telah ditentukan dan berikhtiar untuk menjalaninya.
Hakekat karya 
Untuk menafkahi hidup dan kehormatan.
Persepsi manusia tetang waktu
Berorientasi hanya kepada masa kini dengan bekerja semaksimal mungkin untuk hari-harinya.
Orientasi masa lalu untuk evolusi diri mengenai apa yang sepatutnya dilakukan dan yang tidak dilakukan. 
Orientasi masa depan sebagai pemikiran yang lebih matang mengenai langkah-langkah yang harus dilakukannya.
Pandangan terhadap alam
Manusia tunduk kepada alam dan menjaga keselarasan dengan alam.
Hubungan manusia dengan manusia
Orientasi kolateral (horizontal)kepada sesama
Orientasi vertikal kepada tokoh yang dipandang
Individualisme kepada pandangan diri sendiri

Apa yang kalian dapatkan dari pembahasan hari ini ?
Saya akan menjadi manusia yang berakal budi dan menyatu dengan kebudayaan melalui sikap yang penuh tanggung jawab,toleransi,menghormati satu sama lain dan tidak menutup diri untuk banyaknya kebudayan yang berkembang. Saya akan selalu belajar dalam hidup dengan melihat segala sisi yang baik atau buruknya dari masalah yang saya hadapi. Saya akan menerima hasil terbaik dari usaha saya,saya akan berbangga atas apa yang saya kerjakan dengan usaha saya sendiri,saya akan menggunakan ilmu saya untuk membantu orang-orang disekitar saya dan membuat orang tua saya bangga karenanya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates